Kurikulum
KB-TK Labschool menggunakan Kurikulum Merdeka sebagai pondasi pembelajaran, yang terdiri dari tiga capaian pembelajaran utama. Kurikulum ini diperkuat dengan 8 Profil Dimensi Lulusan, yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi anak. Selain itu, kurikulum juga tetap mengacu pada standar pencapaian perkembangan anak serta enam capaian pondasi yang menjadi dasar transisi menuju kesiapan bersekolah. Semua ini dirancang untuk memastikan anak mendapatkan fondasi yang kuat dalam masa pertumbuhan, perkembangan dan kesiapan akademis serta internalisasi karakter yang positif.
KB-TK Labschool mengembangkan kurikulum berbasis Kurikulum Merdeka dengan fokus pada pengembangan potensi minat, imajinasi, dan kompetensi anak. Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga menjadi komponen utama dalam kurikulum yang dijalankan. Implementasinya dilakukan melalui model pembelajaran berbasis proyek dan sentra, dengan mengadopsi konsep Metaphorming yang dipadukan dengan kerangka pembelajaran mendalam untuk memberikan kedalaman serta menghubungkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara holistik. Tujuh nilai kebaikan Labschool diintegrasikan dalam setiap kegiatan pembelajaran guna memperkuat karakter peserta didik.
Pengembangan karakter di Labschool diintegrasikan secara menyeluruh dalam proses pembelajaran. Program-program terencana dan pendekatan pedagogis yang membangun nilai serta karakter anak memperkuat pendidikan moral di sekolah. Berbagai kegiatan, baik di dalam maupun di luar kelas, dirancang untuk menanamkan 7 nilai kebaikan Labschool, (seperti Bertaqwa, Jujur, Pantang Menyerah, Kreatif, Rendah Hati, Mandiri, Cerdas). Dengan demikian, proses pembelajaran di Labschool tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis, tetapi juga membentuk etika, moral, dan karakter kuat pada setiap peserta didik.
KB-TK Labschool mengimplementasikan konsep-konsep pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, KB-TK Labschool mengembangkan tiga model pembelajaran utama. Model tersebut adalah pembelajaran berbasis sentra, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran dengan pendekatan metaphorming yang menghubungkan berbagai konsep secara mendalam. Pendekatan ini dirancang agar anak-anak dapat belajar melalui eksplorasi aktif, pemecahan masalah, dan konektivitas antar konsep, yang membantu pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara menyeluruh.
KB-TK Labschool UNJ adalah lembaga pendidikan anak usia dini di bawah naungan Universitas Negeri Jakarta yang berkomitmen memberikan layanan pendidikan berkualitas. Dengan mengusung pendekatan pembelajaran holistik, kreatif, dan berpusat pada anak.
Jl. Pemuda Kompleks UNJ Rawamangun Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
021 – 4757376
kbtklabschool@gmail.com